Penjelasan Penyakit Diabetes

  • Pengertian Diabetes

    Diabetes mellitus (DM) yang juga lazim disebut kencing manis dan kini lebih dikenal sebagai diabetes saja, berasal dari bahasa Yunani Kuno yang menurut Wikipedia.com arti harfiahnya adalah to pass through [urine] yaitu terus mengalir, maksudnya adalah air dari dalam tubuh yang terus mengalir keluar alias banyak kencing. Sedangkan mellitus berarti madu atau manis.

  • Macam Penyakit Diabetes

    Memang ada beberapa macam penyakit diabetes: diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes pada kehamilan atau disebut juga gestational diabetes, dan kelompok diabetes sekunder (yaitu diabetes sebagai akibat penyakit lain yang mengganggu atau memengaruhi kerja insulin. Penyebab diabetes sekunder adalah: radang pankreas, gangguan kelenjar adrenal, penggunaan hor­mon kortikosteroid, pemakaian obat antihipertensi dan antikolesterol, malnutrisi, dan infeksi), dan diabetes pada lansia.

  • Siapa Saja Yang Mudah Kena Diabetes?

    Beberapa faktor risiko berikut ini mempermudah seseorang kena diabetes. Keturunan, yaitu orang tua atau famili lain dalam keluarga ada yang menderita diabetes. Ras/etnis tertantu, misalnya berasal dari etnis Asia, Afrika, Hispanik, dan penduduk pulau-pulau di Pasifik.

  • Cara Mengetahui Apakah Anda Menderita Diabetes?

    Jika Anda mengalami tanda-tanda berikut ini, waspadalah dan harap memeriksakan diri ke dokter: Sering buang air kecil, Sering merasa haus, Pandangan mata terganggu, terasa kabur, Berat badan turun tanpa sebab. Sering mengalami gatal-gatal atau infeksi kulit.

  • Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Meningkat?

    Kadar gula darah bisa naik melalui beberapa cara bergantung pada macam diabetesnya. Pada diabetes tipe 1, pankreas yang memproduksi insulin tidak mampu atau kurang mampu memproduksinya. Akibatnya, kadar insulin kurang bahkan bisa tidak ada sama sekali. Dengan demikian, glukosa tidak dapat ditransfer ke sel-sel untuk diubah menjadi energi. Gula darah tetap berada dalam darah, makin lama makin banyak. Terjadilah peningkatan kadar gula darah dalam darah.


  • Berapa Kadar Gula Darah Yang Normal?

    Kadar gula darah yang normal berada pada angka antara 70—110 mg/dl setelah berpuasa selama 8 jam. Dan 2 jam setelah makan kadar gula darah seharusnya di bawah 200 mg/dl. Kadar gula darah meningkat setelah makan, karena ada pasokan gula dari makanan yang dikonsumsi.

  • Bahaya Kadar Gula Darah Tinggi

    Sangat berbahaya, karena mengacaukan kerja organ-organ vital kita (misalnya jantung, ginjal, mata, gigi, saraf, dll.) dan merusaknya. Penderita diabetes sering tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit itu. Memang, diabetes merupakan salah satu penyakit yang dijuluki silent killer yang membunuh/menyerang secara diam-diam. Tahu-tahu penyakit sudah parah, beberapa organ penting sudah rusak, bahkan terjadi pembusukan luka yang harus diamputasi.