Penjelasan Penyakit Stroke

  • Apakah Yang Dimaksud Dengan Stroke?

    Stroke adalah gangguan saraf otak yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di otak, yang terjadi dalam tempo sekitar 24 jam atau lebih. Boleh dikatakan serangan stroke terjadi mendadak dan sulit diprediksi, berlangsung sekitar 15-an menit

  • Bahaya Penyumbatan Aliran Darah Ke Otak

    Gangguan aliran darah merupakan masalah yang sangat serius karena aliran darah memasok nutrisi all dan oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh termasuk sel-sel saraf otak. Kebutuhan otak akan pasokan darah segar sangat tinggi, yaitu sekitar 1/5 dari kebutuhan seluruh bagian organ tubuh lainnya.

  • Jumlah Penderita Stroke di Indonesia

    Menurut data tahun 1990-an, diperkirakan ada 500.000 orang penderita stroke, sekitar 125.000 di life antaranya meninggal atau cacat seumur hidup. Tetapi jumlah sebenarnya sulit diketahui karena banyak yang tidak dibawa ke dokter lantaran ketiadaan biaya atau jarak rumah sakit yang jauh dari tempat tinggal. Biaya penyembuhan stroke tidak murah, dan perawatannya berlangsung sangat lama bahkan bisa seumur hidup.

  • Sejauh Mana Bahaya Stroke Bagi Anda?

    Riset terakhir yang dilakukan oleh Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 menunjukkan stroke di wilayah perkotaan menempati urutan pertama penyebab kematian untuk penyakit-penyakit tidak menular. Stroke memang merupakan penyakit yang sangat berbahaya, bahkan mematikan. Diperkirakan sebanyak 28,5% penderita stroke meninggal dunia. Selebihnya menderita lumpuh sebagian atau total. Hanya 15% yang dapat sembuh total.

  • Mengapa Stroke Termasuk Penyakit Yang Sangat Berbahaya?

    Stroke termasuk salah satu penyakit noninfeksi, tidak disebabkan oleh bibit penyakit. Jadi memang tidak melibatkan bibit penyakit seperti bakteri maupun virus. Stroke sangat berkaitan dengan gaya hidup masa kini yang tidak sehat. Pergeseran gaya hidup tradisional menjadi gaya hidup yang tidak sehat ini menyebabkan timbulnya pergeseran penyakit, dari penyakit infeksi yang ditularkan bergeser ke penyakit noninfeksi yang tidak ditularkan (seperti stroke dan penyakit kardiovaskuler).

  • Apakah Penyakit Stroke Bisa Sembuh?

    Prediksi penyembuhan stroke bisa dilihat dari gejala dan tanda-tanda stroke yang dialami pasien. Jika perbaikan kesehatannya menampakkan kemajuan pesat, maka kemungkinan besar pasien akan pulih sempurna. Namun jika selama sekitar dua minggu masih menderita gejala berat, maka pasien perlu dirawat di rumah sakit lebih lama, apalagi jika pasien dalam keadaan tidak sadar/koma, tentu penyembuhan sulit dan tidak mungkin sembuh sempurna. Paling tidak, penyembuhan total atau sebagian akan makan waktu lama.

  • Cara Mendeteksi Gejala Stroke Pada Diri Anda

    Anda perlu waspada jika mengalami salah satu atau beberapa keanehan seperti berikut ini: Tulisan tiba-tiba menjadi jelek bahkan tidak terbaca. Atau Anda salah menuliskan kata/angka, Satu tangan/kaki tidak menuruti perintah otak, Benda yang dipegang tiba-tiba terlepas tanpa disadari, Sering gagal memasukkan kancing ke lubang kancing dan sebagainya...