7 Resep Ramuan Herbal untuk Diabetes yang Terbukti Ampuh dan Aman

ramuan herbal untuk diabetes

Ramuan herbal untuk diabetes kronis tergolong ampuh dalam mengobati penyakit diabetes secara alami. Bila dibiarkan, diabetes dapat menyebabkan kerusakan terhadap sejumlah organ tubuh lainnya.

Mulai banyak penelitian yang menguji khasiat bahan alami dalam mengatasi diabetes. Lalu apa saja bahan herbal untuk ramuan yang dapat mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes?

Cara Mengolah Ramuan Herbal untuk Diabetes

Inilah obat diabetes alami dari tumbuhan dan cara pengolahannya yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

  1. Daun Kelor

ramuan herbal untuk diabetes dengan daun kelor
Daun kelor dapat dijadikan obat diabetes dengan menjadikannya sebagai lalapan ataupun dibuat menjadi ramuan. Pertama, cuci bersih segenggam daun kelor segar atau kurang lebih 10-15 gram dan jangan diremas.

Rebus bersama 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas saja dan lakukan cara ini sebanyak dua kali. Angkat dan saring lalu minum satu gelas secara rutin 3 kali sehari sampai 2 atau 4 minggu.

  1. Pare
    ramuan herbal untuk diabetes dengan pare

Membuat ramuan herbal untuk diabetes selanjutnya adalah dengan pare segar, jeruk nipis dan kunyit untuk dijadikan jus.  Cuci semua bahan kemudian kupas dan potong pare untuk dilumuri dengan garam dan kunyit.

Peras sampai semua cairan pahit dari pare keluar lalu blender dan sajikan bersama perasan jeruk nipis. Selain itu juga bisa dengan menambahkan lemon, apel dan ubi bit sesuai selera.

  1. Kayu Manis
    ramuan herbal untuk diabetes dengan kayu manis

Kontrol diabetes Anda dengan 2 sendok teh bubuk kayu manis, 4 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan madu asli. Campur dan aduk rata semua bahan di dalam air secukupnya.

Minum ramuan herbal untuk diabetes melitus ini selama tiga bulan setiap selesai sarapan. Maka laju glukosa yang memasuki tubuh penderita diabetes tipe-2 akan menurun.

Baca Juga :

 

 

 

  1. Beras Merah

ramuan herbal untuk diabetes dengan beras merah
Sebagai obat diabetes, campur ¾ beras merah dengan ¼ beras putih pada satu sampai dua minggu awal. Jika sudah terbiasa, gunakan perbandingan takaran ½ untuk masing-masing beras.

Cara kedua dengan merendam beras merah selama satu jam untuk dimasak bersama serai, daun pandan dan salam. Selanjutnya Anda dapat menggunakan sayuran, ikan, daging, kacang-kacangan dan telur sebagai lauk.

  1. Daun Sirsak

ramuan herbal untuk diabetes dengan daun sirsak

Memanfaatkan daun sirsak sebagai ramuan herbal untuk diabetes basah dapat dicampur dengan daun sirih merah. Cuci bersih 15 lembar daun sirsak dan 7 lembar daun sirih merah dengan air masak lalu rebus dalam 2 gelas air.

Lanjutkan sampai tersisa setengah, kemudian saring dan minum airnya secara teratur demi kecepatan pengobatan. Dalam penelitian ditemukan bahwa kadar gula darah dapat turun dalam jangka panjang dengan daun sirsak dan akarnya.

  1. Daun Pepaya

ramuan herbal untuk diabetes dengan daun pepaya

Cara membuat resep ramuan herbal untuk diabetes menggunakan daun pepaya dan daun sirih temu urat. Tumbuh halus 13 lembar daun pepaya dan 25 lembar daun sirih.

Tambahkan segelas air lalu peras dan saring sampai bersih untuk diminum secara teratur. Obat diabetes alami ini cukup simple dan dapat mengobati diabetes secara drastis.

  1. Daun Sambiloto

ramuan herbal untuk diabetes dengan daun sambiloto

Sambiloto merupakan daun obat diabetes yang mengandung zat aktif untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Seduh 5 helai daun sambiloto ke dalam segelas air panas yang sudah matang dan diamkan sampai dingin lalu saring.

Bisa juga dengan merebusnya dalam 1 liter air sampai tersisa sekitar 250 cc dan diamkan hingga tidak terlalu panas. Minum ramuan daun sambiloto dua kali sehari secara rutin supaya peningkatan gula darah dalam tubuh segera teratasi.

Ramuan herbal untuk diabetes di atas harus diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin ke dokter. Tetap jaga kadar kemanisan di setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi supaya kesehatan terjaga dengan baik.